Beranda > .freak think/g(s), .myBlog > perlunya tidur bagi manusia

perlunya tidur bagi manusia

Tidur ternyata bisa membuat tubuh menjadi langsing dan sehat.

Langsing: tubuh menghasilkan dua zat dalam tubuh yang dapat mengatur kemampuan, keinginan, dan pilihan makan kita sehari-hari. Zat yang pertama adalah zat yang bisa menahan hawa nafsumu untuk makan dan makan. Dia bilang “hai kamu, karbohidrat, protein, mineral, dan lemak dalam tubuhmu dah cukup untuk hari ini”. Zat ini bernama hmm… apa ya… lupa aku *maklum namanya nggak easy remember*, sebut saja heaven. Sedangkan zat kedua adalah zat yang dapat mengatur kamu untuk terus makan dan makan meskipun tubuhmu sudah berkecukupan, meskipun perutmu dah kenyang. Zat ini bernama… (aku juga lupa hehehe…), sebut saja hell.

Note: dengan tidur, tubuh kamu akan menghasilkan heaven lebih banyak daripada zat hell. Dengan begitu kamu akan dapat mengendalikan diri untuk tidak makan yang berlebihan.

Sehat: selain heaven dan hell tubuh juga melakukan metabolisme yang mengorganisasi seluruh tubuhmu sehingga menjadi normal dan balance a.k.a sehat walafiat.

Note: dengan kurang tidur, metabolisme tubuh kamu nggak akan berjalan dengan normal sehingga sensitifitasmu terhadap gula (kalo gak salah hehehe…) berkurang. Hal ini yang membuat pilihan makanmu sehari-hari. Kamu akan lebih prefer terhadap makanan yang manis dan berlemak.

Coba tes kualitas tidurmu:
0 = gak pernah ngantuk
1 = sedikit ngantuk
2 = lumayan ngantuk
3 = sangat ngantuk

Item Nilai
duduk dan baca
liat TV
duduk gak aktif di tempat umum (teater, ruang rapat)
numpang mobil selama 1 jam tanpa berhenti buat istirahat
klesetan (rebahan) untuk istirahat sore hari ketika situasi memungkinkan
duduk dan bicara dengan seseorang
duduk dengan tenang setelah makan siang
dalam mobil, ketika berhenti beberapa menit karena kemacetan lalu lintas
Total

1-6 = kamu cukup tidur
7-8 = nilai kamu normal
>9 = buruan berkunjung ke klinik tidur terdekat untuk memperbaiki kualitas tidurmu

  1. evelyn pratiwi yusuf
    4 November 2007 pukul 2:40 am

    Nah kalau sering tidur setelah makan, itu zat yang keluar apa ya?
    Heaven atau Hell?
    Bisa tambah gemuk nggak dokter?😆

  2. 4 November 2007 pukul 3:47 am

    @Eve: nah itu namanya zat malez. Dasar pemalas… huh…:mrgreen:

  3. 5 November 2007 pukul 6:51 am

    Tapi kata ceweq klo banyak bobox bikin ndut lho!

    Pantes g ga gemuk2 soalnya g kan kek BABI + KEBO kerjanya cuma makan dan tidur doank hahaha🙂. Jadinya makan banyak tetep aja ceking hahahaha ^^

  4. 6 November 2007 pukul 1:05 am

    @Pitshu: weleh…kalo itu sih bukan gara2 tidur kebanyakan. Tapi cacingan tuh. Ato mungkin ada naganya di perut lu tuh. hahahahahahaha… B’canda:mrgreen:

  5. SI NOER77
    8 November 2007 pukul 5:34 am

    Aku pernah perhatiin beberapa blog, disitu aku perhatiin pemiliknya hampir tiap jam online(dari pagi sampai pagi lagi) di blognya. Pengen tanya nih! apa rata2 blogger itu jarang tidur yah, bro!

    # jadi berpikir ulang bikin blog nih.:mrgreen:

  6. 8 November 2007 pukul 2:16 pm

    @SI NOER77: weleh…lha kalo itu sih ya tentu saja tergantung sama pemilik blog. Kalo emang gak bisa ngendaliin diri ya bisa jadi kelewat batas, tapi kalo biasa2 aja kayak gw kan juga bisa. Eh, tapi belom tentu lho mereka kagak tidur, bisa aja tuh kumputernya dia nyalain terus, jadi kan keliatannya kagak pernah off. hehehe…😆

  7. SI NOER77
    8 November 2007 pukul 5:59 pm

    maksud aku itu, tiap ada yg komen jam berapapun itu orang pasti bales deh! yach bisa dibilang ini orang seleb blog gitulah..

    # ada juga sih yg ahirnya blog tsb malah di delete karena si empunya blog bosen-kecapean sendiri atau mungkin diomelin ortu soalnya ngabisin pulsa hehe…
    moga2 kamu gak gitu yach..:mrgreen:

  8. 10 November 2007 pukul 12:28 am

    @SI NOER: ooo… maksudnya gitu. Wah kalo itu sih aku kurang tau. Tapi mungkin pekerjaan mereka juga berhubungan dengan internet yang sarat akan kebutuhan untuk online. Misalnya bergelut dibidang valas ato internet marketer mungkin😉

  9. encyblogedia
    10 November 2007 pukul 2:23 pm

    Pak, saya punya kesulitan tidur. Saya baru bisa tidur menjelang subuh, lantas bangun pada jam 1 atau dua siang. Dengan pola seperti itu, apakah mengganggu kesehatan? Walaupun tidur saya mencapai 8 jam, sama seperti orang tidur normal, namun dengan waktu yang berbeda, soalnya saya punya aktivitas dimalam hari, (pria malam, hehehe…)🙂

  10. 11 November 2007 pukul 3:34 pm

    @encyblogedia: sepengetahuan saya… tidur yang berkualitas itu tidak boleh lebih dari jam 11malam. Karena sel2 dalam tubuh melakukan regenerasi mulai jam segitu dan berakhir jam 5pagi. Oleh karena itu biasanya orang yang kurang tidur akan tetap merasa ngantuk meskipun siangnya tidur lagi. Begitu. Karena sel2 tubuh tidak melakukan regenerasi pada siang hari.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: